Senin, 24 September 2007

KOMPUTER DAN MASYARAKAT

Di era globalosasi seperti saat ini, manusia dan komputer tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Baik dari anak - anak hingga kakek - kakek, dari yang cuma untuk hiburan hingga yang dijadian mata pencarian. Kini komputer bukan merupakan barang ' langka ', dimana manusia sulit mengakses - nya. Walaupun tidak disetiap rumah memiliki komputer, namun ditiap - tiap sudut jalan ada rental komputer atau warnet.

Keterikatan antara manusia dengan komputer membuat perkembangan komputer menjadi pesat. Tidak ada pengguna komputer hanya mau memiliki komputer dengan spesifikasi pas - pasan. Apalagi bagi mereka yang memerlukan komputer untuk menggambar dan bermain game. Mereka akan terus meningkatkan spesifikasi komputernya untuk mendapatkan kepuasan pada komputer idamannya. Hal ini yang membuat produsen - produsen komputer selalu melakukan inovasi terbaru dari hari ke hari. Dan inovasi itu juga menghasilkan nilai jual yang tinggi. Tinggalbagaimana manusia dapat mengatur antara keinginan dengan kemampuan finansial.

Komputer yang biasa kita gunakan pada saat ini, pada umumnya hanya digunakan untuk mengetik saja. Namun seiring dengan kebutuhan penggunanya, komputer kini dapat digunakan untuk berkomunikasi ( browsing, chatting dan e - mail ), hiburan, menggambar dan editing, dan untuk keperluan komersil ( jual - beli melalui internet ). Dan oleh karena komputer dapat memudahkan pekerjaan manusia, maka sudah seharusnya kita mengerti dan dapat mengoperasikannya. Selain beberapa kemudahan yang diberikan, komputer juga dapat menimbulkan beberapa kerugian. Seperti penyalah - gunaan internet untuk merusak moral kaum muda bangsa, medan penyebaran virus, dan lain - lain, serta proses buang -buang waktu hanya untuk chatting dan main game.

Diluar kelebihan dan kekuranggannya, komputer memang sangat diperlukan oleh manusia. Tinggal bagaimana kita ( user ) menggunakan tekhnologi tersebut secara bertanggung jawab.

Tidak ada komentar: